Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Suara.com – Kasus gagal ginjal akut misterius (AKI)yang meningkat akhir-akhir ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah negara melaporkan hal yang sama, kematian pada balita karena gangguan ginjal akut misterius.

Hingga 18 Oktober 2022 telah tercatat 99 kematian anak terkait gangguan ginjal aku atau gagal ginjal akut di Indonesia. Pemerintah merespons dengan menarik obat sirup yang diduga tecemar etilen glikol dan menyebabkan gangguan ginjal akut misterius.

Rupanya, kasus gagal ginjal ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah negara lain juga mengalaminya.

“Kasus ini bukan baru terjadi saat ini, sudah ada sejak dahulu. Hanya saja pada awal tahun muncul kasus dan puncaknya meningkat pada Agustus lalu,” jelas Dokter Eka dalam webinar kesehataan, Jumat (21/10/2022).

Dokter merawat pasien anak penderita gagal ginjal akut di ruang Pediatrik Intensive Care Unit (PICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Jumat (21/10/2022). [ANTARA FOTO/Ampelsaa/hp].

1. Gambia

Seperti yang diketahui, tidak hanya Indonesia yang mengalami masalah serupa, Gambia juga menjadi negara dengan kondisi sama. Beberapa anak di Gambia telah mengalami gangguan ginjal akut misterius dan menyebabkan kematian.

2. Amerika Serikat

Dokter Eka mengatakan, Amerika Serikat menjadi negara yang juga bermasalah dengan penyakit gangguan ginjal akut misterius. Dari data Clinical Journal of American Society of Nephrology pada 2013, terdapat masalah AKI sebesar 0,39 persen atau setara dengan 10.322 pasien yang mendapatkan perawatan. Gejala klinis yang dirasakan yaitu syok, sepsis, penyakit hati, hingga gangguan koagulasi.

3. Uganda

Selain Amerika Serikat, Uganda juga negara yang pernah mengalami AKI pada 2013 lalu. Berdasarkan data, dari 2.055 pasien yang mengalami gejala, tercatat sebanyak 278 atau sekitar 13,5 persen mengalami kondisi AKI.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *