Wadpadai Gejala Utama Gagal Ginjal Akut, Ternyata Bukan Batuk Pilek!

Suara.com – Belakangan ini kasus gagal ginjal akut yang dialami anak-anak terus mengalami peningkatan, bahkan memakan banyak korban jiwa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala utama gagal ginjal akut tersebut.

Diketahui, gagal ginjal akut ini bukan menyerang saluran pernafasan tapi menyerang saluran kencing. Dengan demikian, gejala awal penyakit gagal ginjal akut ini bukanlah bapil (batuk-pilek) dan demam, melainkan berkurangnya frekuensi urine (buang air kecil) pada anak.

Untuk gejala awal, biasanya penderita akan mengalami gangguan urine seperti berkurangnya frekuensi urine atau tidak bisa kencing sekitar 6 jam. Kendati demikian, gejala gagal ginjal akut pada masing-masing penderita bisa berbeda.

Melansir dari berbagai sumber, ahli kesehatan memang menyebutkan bahwa gagal ginjal akut bisa menyebabkan batuk pilek. Gejala ini akan muncul saat kondisi paru-paru sudah penuh oleh cairan yang diakibatkan oleh racun yang terhambat keluar dari tubuh. 

Selain itu, ada juga beberapa gejala gagal ginjal akut lain yang penting untuk diketahui. Adapun gejala tersebut yaitu menurunnya fungsi ginjal hingga 50 persen, lalu gejala lainnya akan muncul berupa badan membengkak, gangguan elektrolit, napas cepat dan pendek, dan kejang karena tekanan darah tinggi.

Diberitakan sebelumnya, penyakit gagal ginjal akut ramai diperbincangkan warga Indonesia setelah menyerang ratusan anak hingga memakan korban jiwa. Bahkan dari hari ke hari  kasus tersebut terus mengalami kenaikan 

Budi Gunadi selalu Menteri Kesehatan mengatakan, bahwa meningkatnya penyakit tersebut diduga dipicu tiga zat berbahaya yang ada dalam obat sirup anak. Adapun tiga zat tersebut berupa etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE).

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) kemudian mengeluarkan perintah agar menarik dari pasaran produk sirup obat yang mengandung zat EG, DEG dan EGBE secara melebihi batas aman. Adapun beberapa produk obat tersebut yakni sebagai berikut:

  • Termorex Sirup untuk obat demam
  • Flurin DMP Sirup untuk obat batuk dan flu
  • Unibebi Cough Sirup untuk obat batuk dan flu
  • Unibebi Demam Sirup untuk obat demam
  • Unibebi Demam Drops untuk obat demam

Selain itu, sebagai bentuk tanggungjawab pelaku usaha, pihak BPOM juga memerintahkan agar seluruh industri farmasi melaporkan hasil uji mandiri produk obat yang berpotensi tercemar zat EG dan DEG.

Demikian ulasan mengenai gejala utama gagal ginjal akut yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *