4 Efek Samping Veneer Gigi, Ketahui Sebelum Melakukannya!

Suara.com – Veneer gigi adalah proses yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penampilan gigi seseorang. Prosesnya dilakukan dengan menempelkan lapisan permanen porselen atau resin, sehingga menutupi kecacatan dan membuat gigi tampak sempurna. Yang perlu diketahui adalah terdapat efek samping dari veneer gigi ini.

Efek samping ini bisa saja muncul ketika prosedur dilakukan secara tidak profesional dan tidak mendapatkan pengawasan profesional.

Nah beberapa efek samping veneer gigi ini bisa Anda simak di sini.

1. Adanya Makanan yang Tersangkut

Efek samping pertama adalah makanan yang tersangkut di antara sambungan gigi atau celah. Hal ini bisa terjadi karena proses veneer yang tidak dieksekusi dengan sempurna, sehingga justru mengganggu kebersihan area mulut.

Sisa makanan yang menempel pada bagian gusi ini cenderung sulit dibersihkan, dan dapat memicu perkembangan bakteri serta kuman. Dalam jangka waktu lama, hal ini akan jadi masalah baru untuk mulut, dan gigi Anda.

ilustrasi veneer gigi. (Pexels.com)

2. Terjadi Luka

Saat pemasangan veneer dilakukan tidak sempurna, maka bagian pinggir dari veneer bisa jadi cukup tajam. Tidak jarang orang-orang yang menjalani prosedur tidak profesional ini mengalami luka di bagian gusi.

Risiko ini bisa jadi pemicu banyak gangguan lain, seperti peradangan, infeksi, dan banyak keluhan kesehatan gusi lain. Risikonya cukup serius.

3. Gigi Menjadi Berantakan

Pada dasarnya veneer bisa membantu Anda tampil sempurna dan merapikan gigi. Namun jika tidak dieksekusi dengan ideal, veneer justru akan membuat gigi menjadi berantakan. Jelas hal ini adalah mimpi buruk untuk gigi Anda bukan?

Di kasus ekstrem, veneer bisa melorot dan membuat gigi menjadi gingsul. Hal ini bisa memicu kesulitan mengunyah dan kerusakan struktur gigi jangka panjang. Penanganan cepat harus dilakukan ketika hal ini terjadi.

4. Memicu Bau Mulut

Apa efek lain yang bisa ditimbulkan dari kotoran yang menyangkut di gigi dalam proses lama?  Ya, bau mulut yang tidak sedap. Bakteri dan kuman yang tersangkut di celah veneer yang tidak sempurna ini akan menjadi sumber bau yang luar biasa tidak sedap.

Bahkan ketika seorang menggosok giginya secara rutin, bau mulut ini terkadang masih akan muncul dan bertahan cukup lama. Solusi untuk membereskannya adalah dengan memperbaiki veneer yang dipasang, dengan veneer yang lebih baik dan ideal.

Itu tadi, beberapa efek samping veneer gigi yang harus Anda waspadai ketika menggunakan produk atau veneer gigi yang tidak berkualitas. Semoga artikel ini bisa jadi artikel yang berguna, dan selalu pastikan kontrol bersama dokter gigi kepercayaan Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *