5 Produk Dry Shampoo Unilever Ditarik di Amerika Serikat, Ini Keuntungan dan Kerugian Penggunaannya

Suara.com – Penggunaan sampo kering (dry shampoo) baru-baru ini menjadi perhatian setelah Unilever menarik beberapa produk di Amerika Serikat. Diketahui, perusahaan tersebut telah menarik sejumlah sampo kering aerosol seperti Dove, Nexxus, Suave, TIGI, dan TRESemmé.

Dry shampoo memang beberapa bulan terakhir ini menjadi perhatian banyak orang. Cara penggunaannya yang instan disebut lebih praktis untuk seseorang terburu-buru ke suatu tempat.

Meski demikian, penggunaan dry shampoo juga kerap kali membuat masalah bagi banyak orang. Pada beberapa kasus, dry shampoo justru membuat rambut rusak dan kering. Sementara itu, beberapa lainnya justru mengatakan kalau dry shampoo membuat rambut lebih kelihatan mengembang dan tebal.

Ilustrasi Mandi – Doa Mandi Junub (Pexels)

Pada dasarnya penggunaan sebuah  produk seperti dry shampoo memang memberikan berbagai dampak positif dan negatif yang diberikan. Melansir laman Familiprix, berikut beberapa dampak positif dan negatif penggunaan dry shampoo.

Keuntungan

  1. Mengurangi keseringan menggunakan sampo biasa. Seperti diketahui, penggunaan sampo biasa terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut kering. Untuk itu, penggunaan sampo kering atau dry shampoo membantu rambut tetap wangi dan bersih tanpa harus terlalu sering keramas.
  2. Mengurangi penggunaan alat pengering, pemanas, pengeriting, atau lainnya yang berisiko merusak rambut.
  3. Sampo kering memberikan efek volume pada rambut penggunanya. Hal ini dapat membantu membuat gaya rambut lebih lama.
  4. Terlalu sering keramas dapat membuat warna rambut menjadi memudar. Oleh sebab itu, penggunaan dry shampoo berguna untuk mencegah memudarnya warna rambut.
  5. Penggunaan dry shampoo sangat berguna untuk orang yang sedang sakit atau dirawat sehingga tetap menjaga rambut wangi dan bersih.

Kekurangan

  1. Penggunaan dry shampoo terlalu sering dapat menyebabkan rambut bertekstur kasar.
  2. Penggunaan berlebihan dapat membuat rambut kering serta mencegah minyak alami yang menghidrasi rambut. Hal ini dapat membuat rambut menjadi lebih rapuh.
  3.  Residu dari dry shampoo dapat membuat pori-pori kulit kepala menjadi tersumbat. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan berjerawat pada kulit kepala.
  4. Residu dry shampoo juga bisa menjadi tempat berkembang biak yang sempurna untuk pembentukan ketombe.
  5. Wewangian yang terdapat dalam dapat mengiritasi kulit kepala tertentu, khususnya yang sensitif.

Itu dia beberapa keuntungan dan kekurangan penggunaan dry shampoo pada seseorang. Sementara untuk beberapa produk dry shampoo yang ditarik baru-baru ini, disebabkan karena adanya kandungan senyawa kimia benzena yang dapat menyebabkan kanker.

Kandungan benzena yang ditemukan merupakan karsinogen manusia. Paparan benzena dikatakan dapat menyebabkan kanker seperti leukimia. Masuknya benzena ke dalam tubuh juga bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari inhalasi, oral, maupun paparan kulit.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan beberapa produk yang ditarik di antaranya Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist, dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *