7 Manfaat Daun Mangga, Buat Rambut Berkilau Sampai Mengurangi Kerutan

Suara.com – Manfaat daun mangga sangat banyak. Daun mangga kaya akan vitamin A, B, dan C. Sehingga jangan dibuang begitu saja jika anda memilikinya.

Tidak hanya itu saja, daun satu ini juga mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh seperti alkaloid, thiamin, riboflavin, ata-karoten, dan flavonoid. Dengan kekayaan kandungan ini, manfaat daun mangga terbukti baik untuk tubuh.

Berikut manfaat daun mangga untuk kesehatan

Dari mulai kesehatan rambut, ginjal, hingga gula darah, Anda bisa memanfaatkan daun mangga saja loh!

1. Mengurangi tanda penuaan

Ekstrak daun mangga dapat terbukti mampu mengurangi tanda penuaan dengan mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang dapat mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Selain itu, sifat antibakteri pada daun mangga juga bisa membantu mengobati infeksi kulit akibat bakteri dan luka bakar. Manfaat ini dapat Anda dapatkan dengan membakar daun mangga dan menggunakan abunya untuk dioleskan pada luka bakar.

2. Membuat rambut lebih berkilau

Daun mangga kaya akan vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan rambut. Rambut yang semula kusam akan terlihat lebih berkilau dengan masker daun mangga yang dapat Anda buat sendiri.

Caranya, haluskan daun mangga dengan sedikit air sampai memiliki tekstur pasta. Setelah itu, oleskan rambut Anda sebelum keramas dan diamkan selama 15 menit.

3. Menyeimbangkan gula darah

Manfaat daun mangga selanjutnya adalah menyeimbangkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Pasalnya, daun mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins yang membantu mengobati diabetes dini.

Cara memanfaatkan daun mangga untuk menekan gula darah adalah, merebus 10-15 lembar daun mangga dengan secangkir ai. Setelah itu, diamkan airnya semalaman sampai dingin dan minumlah dengan perut kosong di pagi hari.

4. Menghentikan cegukan

Cegukan yang terus menerus terkadang mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas, Tapi tenang saja, Anda dapat mengatasinya dengan merebus daun mangga.

Caranya, bakar beberapa lembar daun mangga lalu hirup asapnya. Ini akan membantu mengurangi cegukan. Sementara itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk meredakan maag dengan merebus daun mangga.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun mangga dapat membantu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, air rebusannya juga dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Caranya, rebus segenggam daun mangga dengan 150 ml air, lalu minum. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ekstrak daun mangga.

6. Mengelola tekanan darah tinggi

Daun mangga memiliki sifat hipotensi yang artinya membantu menurunkan tekanan darah. Daunnya akan membuat pembuluh darah menjadi kuat dan sehat. Ini merupakan salah satu obat herbal yang efektif untuk varises.

7. Mengobati batu empedu dan ginjal

Siapa sangka bahwa serbuk daun mangga dapat digunakan untuk mengobati batu empedu dan batu ginjal. Obat herbal ini akan membantu memecah batu ginjal dan membuangnya melalui air kencing.

Caranya, ambil beberapa lembar daun mangga lalu keringkan. Campurkan bubuk daun mangga dengan air lalu simpan semalaman untuk diminum esok paginya dalam keadaan perut kosong.

Demikian penjelasan beberapa manfaat daun mangga yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebelum mencobanya konsultasikan dahulu ke dokter atau ahli medis yang berkompeten. 

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *