7 Tips Menghadapi Pacar Manipulatif, Awas Terjebak!

Suara.com – Meski menjadi salah satu orang yang menghujani Anda dengan cinta, tidak jarang seorang kekasih malah menjebak Anda dalam suatu kondisi tertentu. Pacar manipulatif perlu diwaspadai. Jadi, Anda perlu tahu beberapa tips menghadapi pacar manipulatif.

Sikap pacar manipulatif umumnya membuat Anda selalu merasa bersalah dan kurang. Alhasil, Anda justru akan meneruskan diri sendiri Anda terus menerus, padahal kesalahan tersebut bersumber dari kekasih Anda.

Dilansir dari laman power of positivity, berikut 7 cara menghadapi pacar manipulatif. Yuk, simak!

Jangan salahkan diri sendiri

Jangan pernah merasa bertanggung jawab atau merasa sedih dengan perilaku kekasih Anda. Pasalnya, dia tahu tindakan itu merugikan Anda dan malah sengaja membuat Anda mengasihaninya.

Cobalah untuk mengendalikan perasaan Anda dan sadarlah bahwa sumber masalahnya adalah dia. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendirian, jangan ragu meminta bantuan profesional.

Berani berkata tidak

Bagi sebagian besar orang, menolak permintaan atau perintah adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Hal itu terlebih jika Anda berhasil termakan bujuk rayu dan sifat manipulatifnya.

Anda mungkin akan merasa sangat tersiksa di awalnya. Namun, berani berkata tidak adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap orang.

Buat batasan

Pada awal hubungan, beri tahu pasangan Anda tentang apa yang Anda dan harapkan dari hubungan ini dan bagaimana mengejarnya. Saat Anda melihat ada perilaku yang tidak bisa Anda terima, jangan ragu untuk memperingatkannya.

Lakukan evaluasi hubungan

Tips menghadapi pacar manipulatif selanjutnya adalah rutin melakukan evaluasi hubungan. Di sini Anda bisa memanfaatkan waktu evaluasi dengan melihat adakah perilakunya yang berubah drastis dan menghasut.

Ilustrasi pasangan (Freepik/nensuria)

Bersifat asertif

Saat pasangan Anda bersikap manipulatif, segera kenali perilakunya dan persiapkan mental Anda untuk menghadapinya tanpa emosi. Di sini Anda juga harus sekaligus mengevaluasi situasinya. Ungkapkan pertanyaan Anda dan sampaikan apa yang ingin Anda benar-benar dapatkan.

Bangun harga diri

Harga diri yang rendah merupakan salah satu jalan terbaik menuju putus asa dan khawatir berlebih. Terlebih, pacar manipulatif akan semakin membuat Anda merasa semakin buruk.

Cobalah membangun harga diri dengan memberi afirmasi positif untuk diri Anda sendiri. Berusahalah untuk melihat sisi positif dari diri Anda.

Bicarakan dengan teman

Sifat kekasih yang manipulatif seringkali membuat Anda buta akan cinta. Jadi, Anda mungkin tidak sadar jika sedang berada dalam genggamannya. Oleh karena itu, penting untuk memberitahukan hal ini pada orang lain yang bertugas menyadarkan Anda.

Itulah beberapa tips menghadapi pacar manipulatif yang bisa Anda terapkan. Jangan sampai terjebak dalam hubungan tidak sehat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *