Ajak RD dan Istrinya Tes HIV Bareng, Denise Chariesta Sudah Tahu Biayanya Berapa?

Suara.com – Belum lama ini, publik heboh dengan Denise Chariesta yang secara terbuka mengajak RD dan istrinya melakukan tes HIV bersama. Hal itu tampaknya untuk menanggapi banyaknya warganet yang menganggap dirinya mengidap HIV.

“Lagi heboh hari ini katanya gua HIV. Tapi kalau gua HIV, RD udah pasti kena HIV juga lah. Terus udah gitu kalau RD HIV, berarti bininya juga,” ujar Denise Chariesta mengutip unggahan di akun Instagram pribadinya, denisechariesta91.

Bicara soal tes HIV, tahukah Anda berapa biayanya? Biaya tes HIV memiliki harga yang variatif, tergantung lokasi dan jenis tes yang digunakan.

Sebelum mengetahui harga tes HIV, terlebih dahulu penting untuk mengetahui apa itu tes HIV. Tes HIV merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi jika seseorang terinfeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

HIV menjadi virus yang menyebabkan seseorang terkena AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau penyakit yang mempengaruhi kekebalan tubuh dan mampu menimbulkan berbagai penyakit seperti TBC, kandidiasis, radang pada paru-paru, kulit, saluran pencernaan, otak dan kanker.

HIV merupakan virus yang menyerang dan menghancurkan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh. Sel yang diserang merupakan sel yang berguna untuk melindungi diri dari kuman penyebab penyakit seperti bakteri dan virus.

Dirangkum dari Halodoc, adapun 3 jenis utama yang dilakukan untuk tes HIV yaitu tes antibodi, tes antigen pada darah, dan tes asam nukleat (NAT).

1. Tes antibodi

Tes ini bertujuan untuk memeriksa kadar antibodi HIV dan antigen p24 yang mampu mendeteksi virus secepat 3 minggu – 12 minggu setelah terinfeksi. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu beberapa minggu atau lebih lama untuk membuat antibodi terhadap HIV.

Ilustrasi tes HIV (Shutterstock)

2. Tes antigen

Tes ini bertujuan untuk mencari antigen HIV. Jika seseorang pertama kali terkena HIV dan sebelum memiliki kesempatan untuk membuat antibodi terhadap virus, darahnya akan memiliki tingkat p24 yang tinggi. Tes antigen dilakukan 11 hari hingga 1 bulan setelah terinfeksi

3. Tes asam nukleat

Uji tes ini adalah dengan mengambil sampel darah ke laboratorium untuk pengujian. Tes ini mampu mendeteksi HIV lebih cepat.

Harga Tes HIV

Biaya tes HIV memiliki perbedaan sesuai dengan lokasi tes. Kisaran biaya tes HIV mulai dari Rp52 ribu hingga lebih dari Rp1,6 juta. Dilansir dari Lifepal, berikut ini beberapa biaya tes HIV yang ada di klinik maupun rumah sakit di wilayah Jabodetabek.

  • Siloam Hospitals Bekasi Timur: Mulai dari Rp800.000
  • Laboratorium Klinik Prodia Bekasi: Mulai dari Rp543.000
  • RS EMC Sentul Bogor: Mulai dari Rp470.000
  • Rumah Sakit Citra Medika Depok: Mulai dari Rp500.000
  • Takenoko Clinic Pondok Indah Jakarta Selatan: Mulai dari Rp647.200
  • Mayapada Hospital Kuningan Jakarta Selatan: Mulai dari Rp600.000
  • MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Jakarta Selatan: Mulai dari Rp450.000
  • Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta Barat: Mulai dari Rp440.000
  • Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat: Mulai dari Rp220.000
  • Kiara Healthcare Jakarta Timur: Mulai dari Rp340.000
  • Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu Jakarta Timur: Mulai dari Rp270.000
  • Klinik Angsamerah Menteng Jakarta Pusat: Mulai dari Rp75.000

Demikian ulasan mengenai biaya tes HIV di beberapa rumah sakit dan klinik yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *