Apa Itu Body Neutrality? Cara Tepat Atasi Insecurity Dalam Diri

Suara.com – Rasa tidak percaya diri akan tampilan fisik merupakan satu hal yang hampir pernah dialami semua orang. Padahal, tidak hanya melalui tampilan fisik saja, rasa percaya diri tersebut sebaiknya dipancarkan melalui kemampuan dari masing-masing bagian tubuh.

Pemikiran tersebut kerap disebut dengan body neutrality, apakah Anda pernah mendengarnya? Jika belum, yuk simak artikel berikut!

Apa itu body neutrality?

Body neutrality atau netralitas tubuh adalah pola pikir yang mengacu pada rasa syukur atas bagaimana tiap anggota tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Melalui pemikiran ini, alih-alih terpaku pada penampilan luar, Anda akan lebih banyak bersyukur tentang bagaimana tubuh kita bekerja. Contohnya, adanya kaki untukk berjalan, mulut untuk berbicara, tangan untuk menulis, dan sebagainya.

Tentu saja pola pemikiran ini bagus dipikiran, apalagi jika selama ini Anda kerap merasa insecure dengan penampilan yang Anda miliki.

5 langkah menuju body neutrality

Tentu merupakan hal yang bagus, jika Anda ingin menerapkan pemikian body neutrality ini. Jika masih bingung caranya, ikuti langkah menuju body neutrality yang telah dilansir dari laman national eating disorders berikut.

1. Jangan membenci tubuh Anda

Kebencian, ketidakmampuan, atau rasa tidak pantas paling sering justru bersumber dari diri sendiri. Jika ingin menuju body neutrality, cobalah meninggalkannya perlahan.

2. Hargai setiap anggota tubuh Anda

Supaya tidak memikirkan masalah penampilan saja, cobalah mengapresiasi bagaimana setiap anggota tubuh Anda memegang peran. Supaya lebih mudah mengingat-ingat, cobalah untuk menuangkan pikiran tersebut menjadi tulisan tangan.

3. Beri serangan pada pemikiran negatif

Bisikkan pada diri Anda sendiri beberapa kalimat berikut untuk mendapatkan kembali rasa percaya diri:

Terima kasih tubuh, karena sudah mau menjagaku seharian ini.

Hari ini tanganku bisa kugunakan memeluk orang yang ku sayang.

Berat badan ini tidak akan memengaruhi daya pikatku.

4. Fokus pada kelebihan Anda

Apakah Anda memiliki hobi, talents, atau ketertarikan pada satu hal tertentu? Jika iya, gunakan hal tersebut untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

5. Kurangi pemakaian media sosial

Ketika Anda melihat orang lain di media sosial, khususnya yang seumuran memiliki pencapaian yang Anda bahkan merasa belum mampu sampai di sana, Anda mungkin akan menemukannya dengan.

Jika hal tersebut sudah benar-benar mengusik Anda, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dari media sosial.

Manfaat body neutrality

Dengan menerapkan konsep body neutrality, Anda bisa merasakan manfaatnya terutama untuk kesehatan mental seperti berikut:

  • Meningkatkan rasa empati.
  • Meredakan sress hingga cemas,
  • Mengurangi cemas.
  • Dapat meemandang sesuatu lebih realistis.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *