Belajar dari Jessica Iskandar yang Terlilit Hutang, Perhatikan Suku Bunga Hingga Plafon Sebelum Ambil Cicilan KPR!

Suara.com – Jessica Iskandar tengah terlilit hutang dampak tertipu bisnis rental mobil. Akibatnya ia tak bisa membayar cicilan rumah dan terpaksa menjual rumah dan sejumlah barang pribadi. Belajar dari Jessica Iskandar, ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan sebelum ambil cicilan KPR. Apa saja?

Perlu diketahui, KPR merupakan fasilitas kredit dari perbankan kepada nasabah agar mempermudah pembelian rumah atau renovasi dengan imbalan pengguna harus rutin membayar cicilan yang telah disepakati.

Meski demikian, sebelum memutuskan mengambil KPR seseorang harus memperhatikan berbagai hal agar tidak terjadi masalah di pertengahan jalan. Mengutip laman Sakura Land, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR di antaranya sebagai berikut.

Potret rumah Jessica Iskandar yang mau dijual karena terlilit hutang. (Dok. Youtube)

Suku Bunga

Suku bunga menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem KPR. Pastikan suku bunga yang ditawarkan pihak bank sesuai dan tidak merugikan di kemudian hari. Biasanya, ada beberapa bank yang menawarkan suku bunga tinggi. Oleh sebab itu, suku bunga penting diperhatikan.

Plafon Kredit & Tenor

Plafon kredit atau biaya kredit juga hal yang penting untuk diketahui dengan baik. hal ini karena biaya kredit akan sangat memengaruhi proses berjalannya kredit yang diputuskan. Biasanya, plafon kredit akan diberikan oleh pihak bank dengan batasan maksimal data sesuai kesepakatan.

Sementara untuk tenor yaitu masa pembayaran kredit. Hal ini juga tergantung dengan biaya yang dimiliki nasabah. Biasanya bank menyediakan tenor mulai dari 15-20 tahun.

Reputasi Developer & Bank

Hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum memutuskan dengan sistem KPR yaitu melihat reputasi developer dan bank yang dipilih. Jangan sampai developer dan bank memiliki reputasi buruk yang akan membuat masalah dalam proses pembelian rumah dengan sistem KPR.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *