Bukan Mainan Mahal, Momen Sensory Play Baby Moana Pakai Taoge: Apa Sih Manfaatnya?

Suara.com – Tak perlu mainan mahal atau alat mahal, putri pertama Ria Ricis dan Teuku Ryan, Cut Raifa Aramoana alias Baby Moana diberikan taoge sebagai sensory play atau permainan sensori. Apa sih manfaatnya untuk tumbuh kembang anak?

Potret ini terekam melalui unggahan @thericisryan yang memperlihatkan Baby Moana yang sedang tengkurap dan beralaskan bantal kecil terlihat asik meremas serta menggengam taoge yang ada di depannya.

Bukannya merasa jijik atau risih, ponakan Oki Setianadewi itu nampak menikmati tekstur dan sesekali mengangkat taoge yang ada di atas piring putih.

“Sensory play Moana dengan toge,” dikutip suara.com, Sabtu (12/11/2022).

Sensory play adalah aktivitas yang dapat memberikan stimulasi pada tujuh indera anak. Indra tersebut meliputi penciuman, perabaan, penglihatan, pendengaran, hingga pengecapan. Selain itu ada juga keseimbangan dan gerakan bayi.

Tidak hanya menggunakan taoge, sensori play juga bisa memanfaatkan sayuran lainnya yang ada di rumah untuk anak, seperti wortel, apel, tomat, kol, sayuran hijau dan sebagainya.

Mengutip Educatall, cara menjadikan sayuran sebagai sensory play yaitu dengan memotong wortel jadi bentuk kubus, stik, atau bulat. Bisa juga menawarkan anak wortel dalam bentuk parut atau bubur.

Ilustrasi anak main cat, sensory play. [shutterstock]

Bisa menyusun wortel berbagai bentuk ini di piring, dan biarkan anak berekplorasi hingga menemukan tekstur berbeda.

Sementara itu, sensory play sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemampuan kognitif anak, dari mulai anak berani menjelajah dan punya rasa ingin tahu. Anak juga mulai mengenali lingkungan sekitar, terlebih saat anaknya dibiarkan main di dalam rumah atau lingkungan sekitar ia akan mengenalnya.

Saat ada beragam bentuk yang belum dilihat, maka ia akan bertanya dan mengetahui bentuk tersebut sehingga kemampuannya semakin terasah. Selain itu anak juga lebih mampu membedakan berbagai jenis suara.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *