Dedi Mulyadi Digugat Cerai Ambu Anne: Apakah Tak Memberi Nafkah Batin Berhubungan dengan Hubungan Seksual?

Suara.com – Proses gugatan cerai dari Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika alias Ambu Anne terhadap suaminya, Anggota DPR-RI Dedi Mulyadi jadi sorotan. Ambu Anne menyebut sudah tidak diberikan nafkah batin selama bertahun-tahun. Lantas, banyak yang penasaran apa itu nafkah batin menurut syariat islam?

Perlu diketahui meski sudah menggugat cerai, namun perempuan yang akrab disapa Ambu Anne itu masih menyimpan semua kenangan indah keduanya, di unggahan video lama di Instagram.

Termasuk video unggahan perayaan ulang tahun, Ambu Anne yang diwarnai adegan mengecup pipi kanan dari sang suami, yang diiringi lagu selamat ulang tahun.

DOK – ‌Calon Wakil Gubernur Jabar nomor urut empat Dedi Mulyadi (kiri) didampingi istri Anne Ratna Mustika, menunjukkan surat suara saat menggunakan hak pilih di TPS 6 Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (27/6). Pilgub Jabar diikuti empat pasang cagub dan cawagub dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 31.735.133 pemilih. [ANTARA FOTO/Agung Fatma Putra/agr/ama/18]

“Nuhun sayang @dedimulyadi selalu menjadi suami yang sabar ayah yang hebat dan guru juga sahabat yang baik,” tulis Anne dalam postingan itu.

Sementara itu, mengutip NU Online, Sabtu (12/11/2022) menurut hukum islam, suami wajib memberikan nafkah lahir dan batin kepada istrinya. Untuk nafkah lahir berupa materi, makanan, pakaian hingga tempat tinggal.

Sedangkan untuk nafkah batin adalah nafkah non materi, seperti kasih sayang, perhatian, perlindungan hingga kepuasan di ranjang atau kebutuhan biologis berhubungan intim.

Kewajiban nafkah ini dijelaskan dalam kitab al-Umm, juz VII halaman 121.

“Imam Syafi’i berkata, baik Alquran maupun sunah telah menjelaskan bahwa kewajiban suami terhadap istri adalah mencukupi kebutuhannya,”

“Konsekuensinya adalah suami tidak boleh hanya sekedar berhubungan badan dengan istri tetapi menolak memberikan haknya, dan tidak boleh meninggalkannya sehingga diambil oleh orang yang mampu memenuhi kebutuhannya. Jika demikian (tidak memenuhi hak istri), maka isteri boleh memilih antara tetap bersamanya atau pisah dengannya,”



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *