Maknyus! Chef Profesional Bagikan Cara Masak Tiram yang Enak Sekaligus Mudah Dibuat, Mau Mentah atau Matang?

Suara.com – Olahan oyster atau tiram serupa seperti makanan laut atau seafood kerang pada umumnya, sehingga bisa dimasak di rumah. Mau tahu cara masak tiram yang enak sekaligus mudah dibuat?

Dikatakan Executif Chef DION Jakarta, Kenny, cara mengolah oyster atau tiram umumnya terbagi dalam dua jenis, olahan mentah dan matang. Ini karena tiram seumpama sashimi yang bisa dimakan langsung tanpa dipanaskan.

“Jadi kalau tekstur oyster terbaik itu yang creamy dan juicy, sehingga dagingnya cukup tebal dan lebih bernutrisi,” ujar Chef Kenny dalam acara Media Luncheon DION Jakarta, Senin (21/11/2022).

Chef Kenny bagikan tips makan tiram mentah alias oyster. (Dini/Suara.com)

Sehingga untuk mengolah tiram mentah, sebelum dikonsumsi pastikan tempat penyimpanan bersih dan tiram dalam keadaan hidup. Tanda tiram hidup ini dengan melihat cangkangnya yang masih tertutup rapat.

“Jadi kalau hidup ketutup rapat, dan kalau kebuka tandanya udah mati, dan kita nggak tahu belinya dari mana dan umurnya udah berapa, saya saranin jangan diolah, jadi usahakan yang hidup,” jelas Chef Kenny.

Selanjutnya jelang dikonsumsi, pastikan tiram disimpan di air dingin, lalu dibuka dan harus langsung dikonsumsi dalam satu jam setelah cangkang dibuka, serta sesaat jelang konsumsi bisa diberi perasan jeruk lemon.

“Jadi setelah dibuka, rasanya beda dengan setelah satu jam, juicy nya akan keluar dan langsung menciut udah nggak fresh. Jadi maksimal dimakan 1 jam setelah dibuka,” papar dia.

Chef Kenny bagikan tips makan tiram mentah alias oyster. (Dini/Suara.com)
Chef Kenny bagikan tips makan tiram mentah alias oyster. (Dini/Suara.com)

Chef yang pernah berkarir di Amerika dan Australia itu mengingatkan, jika ingin dimasak seperti dipanggang atau baked, maka prosesnya harus dilakukan dadakan. Jika dipanggang pastikan hanya menggunakan suhu sedang, tujuannya menjaga tiram tidak terlalu kering.

“Very simple cuma pakai butter, dibaked dengan suhu sedang, jangan sampai dalamnya terlalu kering. Kalau kerang terlalu over baked, dia akan kering dan nggak akan bisa dimakan enjoy,” ungkapnya.

Terakhir ia mengingatkan, sangat tidak disarankan membelah atau mencincang oyster. Ini karena sejenis kerang laut itu harus diolah dalam bentuk utuh.

“Itu kayak bikin telor dadar aja, tambahin garam diaduk-aduk, bikin dulu udah agak setengah matang, baru oyster itu dimasukin. Jangan potong oyster, karena oyster kalau dipotong creamnya semua juicynya keluar, jadi harus utuh,” tutupnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *