Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung, Gaya Hidup Berpengaruh

Suara.com – Tak cuma di kulit wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung. Hal ini wajar mengingat bagian punggung memiliki lebih banyak kelenjar penghasil minyak sehingga rentan muncul jerawat. Jerawat di punggung (bacne) dapat muncul dalam bentuk benjolan, komedo putih atau komedo serta jerawat kistik yang lebih parah.

Dikutip dari Glamour Magazine, ini kemungkinan besar muncul di punggung atas dan bahu, karena area ini mengandung kelenjar sebaceous paling banyak, tetapi dapat terjadi di mana saja di tubuh.

Apa penyebabnya jerawat di punggung?

Untuk mencegah bacne terjadi atau kembali, penting untuk mengetahui apa penyebabnya sejak awal.

“Mirip dengan bintik-bintik di wajah kita, bacne disebabkan oleh produksi sebum berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan bakteri”, kata dokter kulit Dr Justine Kluk.

“Kulit punggung kita sangat tebal sehingga potensi pori-pori tersumbat sangat tinggi”, tambahnya.

Ilustrasi Jerawat di Punggung – Jerawat Punggung. (Freepik)

Bagi mereka yang rentan terhadap flek, akumulasi minyak dan sel kulit mati di pori-pori menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri tertentu yang disebut jerawat ‘propionibacterium’ untuk berkembang.

“Hal ini memicu peradangan pada kulit yang menyebabkan kemarahan, benjolan merah dan bercak berisi nanah,” jelas Dr Justine.

Selain itu, ada faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan bacne, seperti hormon dan keringat berlebih.

“Jerawat tubuh lebih mungkin terjadi selama musim panas, jika Anda berolahraga secara teratur dan jika kulit Anda sudah rentan berjerawat”, kata Julie Morris, seorang perawat estetika di Effortless Skin.

Ini karena bakteri penyebab jerawat tumbuh subur dalam kondisi lembap, sehingga tetap memakai pakaian olahraga setelah berkeringat selama berjam-jam menciptakan kondisi yang sempurna bagi bakteri tumbuh.

“Bahkan memiliki rambut panjang pun bisa menyebabkan bacne karena minyak dari rambut panjang, dikombinasikan dengan produk rambut, bisa mengendap di punggung Anda,” tambahnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *