Punya Rekor Jalur Terpanjang, Kereta Ini Tempuh Perjalanan Lebih dari 900 Kilometer

Suara.com – Kereta api merupakan salah satu moda transportasi publik yang menjadi favorit bagi banyak orang, terutama karena ketepatan waktunya. Bicara soal kereta api, tahukah Anda KA dengan rute terpanjang di Indonesia?

Akun Twitter resmi PT Kereta Api Indonesia @KAI121 berbagi video tentang KA rute terrpanjang di Indonesia. KA Gajayana memiliki rute perjalanan terpanjang dengan jarak tempuh 906 kilometer.

Kereta ini memiliki 17 dan 18 stasiun perhentian selama 12 jam 33 menit dengan relasi Stasiun Gambir – Stasiun Malang dan sebaliknya. Nama kereta ini diambil dari nama raja yang memerintah Kerajaan Kanjuruhan periode 769 hingga 789 Masehi.

Kereta yang beroperasi sejak 1999 ini memegang rekor sebagai KA dengan rute terjauh di Indonesia. Selama 23 tahun beroperasi, kereta tersebut sukses menjadi moda transportasi yang memenuhi kebutuhan perjalanan publik.

KA Gajayana membutuhkan pengisian BBM jenis B30 sebanyak 3000 liter untuk memenuhi tangki. Stamformasi kereta ini terdiri dari 8 gerbong kelas eksekutif, 1 gerbong eksekutif, 1 gerbong kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Kereta ini juga melewati 5 provinsi yakni Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. KA Gajayana berangkat dari Stasiun Malang pukul 14.25 WIB dan dari Stasiun Gambir pukul 18.40 WIB.

Dengan menaiki kereta ini, penumpang bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, maupun matahari terbit. Pemandangan yang indah pun memanjakan mata para penumpang.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

“Naik kereta ini akhir tahun 2012 buat tahun baruan di Malang. Seru banget karena jadi pengalaman pertama setelah sekian lama nggak naik kereta, langsung dengan rute terpanjang Gambir – Malang PP,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Kereta yang nganter saya dan Ibu ngelamar calon istri saat itu. Kereta yang nganter saya temu kangen dengan istri saat masih LDR. Kereta yang nggak pernah nganter saya mudik (karena selalu nggak dapat tiket). Kereta yang mengingatkan akan Kota Malang,” tulis wargane tersebut.

Sementara itu, hingga Minggu (30/10/2022), unggahan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 3000 kali di Twitter.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *