Tersangka Kebaya Merah Disebut Punya 31 Kepribadian, Apa Saja Faktor Penyebabnya?

Suara.com – Jagat media sosial belum lama ini digemparkan dengan video syur kebaya merah yang telah banyak beredar. Kedua pelaku video tersebut sudah diamankan polisi dan telah melalui sejumlah pemeriksaan. Menariknya, belakangan petugas kepolisian mendapati bahwa pelaku wanita yang berinisial AH memiliki 31 kepribadian.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Plh Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kompol Hariyanto berdasarkan keterangan pelaku pria yang berinisial ACS.

“Cowoknya (ACS) yang menamakan, termasuk nama Luna dan Clara itu,” terang Hariyanto.

Lantas apa penyebab kepribadian ganda seperti yang dilaporkan dialami pelaku wanita kebaya merah tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab dan Gejala Kepribadian Ganda

Dilansir dari Mayo Clinic, kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID) merupakan kondisi seseorang memiliki dua kepribadian atau lebih yang berbeda antara satu dengan lainnya. Identitas lain dalam kepribadian disebut sebagai alter ego.

Alter ego cenderung berbeda satu sama lain. Identitas tersebut dapat memiliki nama, usia, jenis kelamin dan sifat yang berbeda. Dilansir dari Cleveland Clinic, ada tanda-tanda kepribadian ganda antara lain:

  • kecemasan
  • delusi
  • depresi
  • disorientasi
  • hilang ingatan
  • memiliki pkiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri

Hingga saat ini, penyebab kepribadian ganda masih belum diketahui secara pasti. Namun, dugaan paling kuat dari kepribadian ganda ini dipicu oleh trauma masa kecil seperti kecelakaan, pelecehan seksual, emosional, tindak kekerasan, maupun bencana alam. Faktor lingkungan juga bisa mendukung seorang anak dapat tumbuh dan memiliki kepribadian ganda.

Diagnosis Kepribadian Ganda

Dokter akan melakukan pemeriksaan gejala dan riwayat kesehatan pasien penderita kepribadian ganda. Dokter bakal melakukan diagnosis berdasarkan kriteria DSM-5 (The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th Edition), tes darah, pemindaian foto rontgen, CT scan, hingga MRI untuk mengetahui apakah penderita memiliki gejala lain maupun efek samping obat.

Pengobatan Kepribadian Ganda

Dokter akan melakukan pengobatan kepada penderita/pasien dengan kepribadian ganda dengan psikoterapi dan pemberian obat-obatan yang harus dikonsumsi seperti antidepresan, antipsikotik, penenang dan lain sebagainya.

Selain itu, dokter akan menganjurkan untuk menjalani hipnoterapi untuk mengendalikan perilaku yang tidak normal dan membuat psikoterapi berjalan lebih efektif.

Itulah informasi seputar penyebab kepribadian ganda seperti yang disebut-sebut terjadi pada pelaku kebaya merah beserta diagnosis dan cara pengobatannya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *