All-New Toyota Prius Generasi Kelima Meluncur, Tersedia dalam Dua Versi Hybrid dan Tampilkan Transformasi Desain

Suara.com – All-New Toyota Prius generasi kelima diperkenalkan perdana secara global pada Rabu (16/11/2022). Model tahun terbaru dari Prius ini hadir dalam dua versi mesin. Yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) serta Plug-in Hybrid (PHEV).

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Toyota Global, All-New Toyota Prius versi HEV akan meluncur ke pasar mulai akhir tahun ini. Sementara All-New Toyota Prius versi PHEV bakal hadir sekitar musim semi 2023.

Buritan dari All-New Toyota Prius 2023 [Toyota Global via ANTARA].

Muncul sebagai mobil hybrid pertama Toyota yang dipasarkan secara global, Toyota Prius mendapatkan transformasi desain secara bertahap. Jika generasi pertama yang muncul pada 1997 tampak kotak, generasi kedua lebih rounded, semakin dinamis bersama desain siluet monoform.

Toyota Prius generasi ketiga menggendong mesin berkapasitas lebih besar, 1.800cc sistem hybrid yang lebih efisien. Sedangkan Prius generasi keempat sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang meningkatkan performa berkendara.  Dan terkini, generasi kelima muncul dalam versi PHEV 2.0L dan HEV 2.0L atau 1.8L.

Sebagai catatan, Toyota menyebutkan bahwa mobil hybrid Toyota Prius sudah terjual di seluruh dunia sebanyak 5,05 juta unit. Dan generasi terbaru ini siap dipasarkan di Amerika Utara, kemudian Eropa.

Spesifikasi All-New Toyota Prius edisi 2023

All-New Toyota Prius PHEV 2.0L

  • Sistem Hibrid Plug-in 2.0L atau 2.0 liter pertama dengan akselerasi dan ketenangan berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya.
  • Mesin PHEV yang ditanam di dapur pacu adalah kombinasi Dynamic Force Engine efisiensi tinggi dan baterai Lithium-ion, menghasilkan daya 164 kW (223 PS) dan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar.
  • Akselerasi 0-100 km per jam dalam 6,7 detik.

All-New Toyota Prius HEV 2.0L/1.8L

  • Prius versi HEV ini menyasar kalangan yang memerlukan mobil dengan stabilitas tinggi karena sudah dilengkapi sistem E-Four terbaru.
  • Memiliki panoramic view moonroof yang dapat dibuka penuh, sedangkan tipe PHEV dilengkapi sistem pengisian tenaga surya generasi kedua.
  • Memiliki mesin Series Parallel Hybrid terbaru yang menawarkan akselerasi responsif sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar.
  • Luaran daya maksimum 144 kW (193 PS) untuk versi 2.0 L, atau 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *