Fasilitasi Kebutuhan Transportasi Disabilitas, Dishub Sulsel Siapkan Kursi Khusus di Teman Bus

Suara.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan terus berupaya untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. Khususnya dalam memberikan atau memfasilitasi layanan transportasi umum.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kadishub Sulsel Muhammad Arafah di Makassar, Sabtu (22/10/2022) menyatakan untuk moda transportasi seperti bus, ataupun pesawat, sudah menyiapkan tempat khusus. Sehingga lebih memudahkan penyandang disabilitas saat ingin melakukan perjalanan.

“Layanan transportasi bagi disabilitas sudah tersedia semua, begitupun dengan Teman Bus juga sudah disiapkan,” tuturnya.

Teman BusTrans Mamminasata beroperasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/11/2021). [Antara]

Khusus transportasi Teman Bus yang saat ini terus digalakkan di Kawasan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar), sudah tersedia beberapa kursi khusus bagi penyandang disabilitas.

“Jadi sudah disiapkan mulai model tempat duduknya, manuver (akses) naik ke kendaraan juga sudah tersedia. Posisinya tidak tinggi sehingga lebih mudah dijangkau,” jelas Muhammad Arafah menyorot tentang low deck bus.

Dishub Sulsel juga tengah berencana menambah rute layanan Teman Bus Trans Mamminasata, dengan tujuan RSUD Sayang Rakyat. Usulan ini telah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan.

Meski ada penambahan rute, tetapi koridor layanan Teman Bus tidak ikut bertambah.

“Tetap empat koridor, cuma untuk koridor tiga akan lewat RSUD Sayang Rakyat. Tadinya tidak di rute itu,” pungkasnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *