Jonathan Rea, Juara Dunia WSBK Enam Kali Ucapkan Selamat kepada Alvaro Bautista yang Menyandang Titel 2022

Suara.com – Alvaro Bautista (Aruba.it-Ducati) tampil emosional di podium World Superbike atau WSBK Mandalika 2022 menjadi perhatian siapa saja yang hadir langsung di venue, maupun lewat tayangan live. Juara Dunia WSBK 2022 itu tidak henti-hentinya berurai air mata. Menunduk serta mendongak, dengan ekspresi bahagia campur trenyuh.

“Selamat untuk Alvaro (Bautista), dari lubuk hati saya yang terdalam. Saya tahu bagaimana rasanya berjuang meraih gelar juara dunia. A lot,” sambut Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) begitu tiba di salah satu Royal Box Sirkuit Internasional Mandalika pada Minggu (13/11/2022).

Jonathan Rea saat memperpanjang kontrak dengan Kawasaki di WSBK (Twitter)

Sebagai catatan, Jonathan Rea MBE (Member of the Order of the British Empire, gelar knighthood untuk prestasinya di bidang sport otomotif dari Kerajaan Inggris) adalah penyandang gelar Juara Dunia WSBK enam kali berturut, yaitu 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, serta 2020. Lantas direbut Toprak Razgatlioglu (2021) serta berpindah ke Alvaro Bautista (2022).

Menilik hasil Race 1 dan Race 2 WSBK Mandalika 2022, putra rider kenamaan Johnny Rea, pembalap kenamaan Irlandia Utara yang berlaga di TT Isle of Man ini menyebutkan Race 2 lebih kompetitif dan menguras energi. Ia menempati podium nomor tiga untuk Race 1 dan Race 2 WSBK Mandalika 2022.

“Hari pertama balapan, berhasil naik ke podium sudah sangat bahagia. Nah, di Race 2, trek sudah lebih banyak dilapisi rubber. Semakin enak buat menggeber gas,” papar Jonathan Rea, kelahiran Ballynure, Irlandia Utara, 2 Februari 1987.

Juara WSBK Mandalika 2022 Toprak Razgatzioglu [Suara.com/CNR ukirsari].
Jonathan Rea (kanan) dan Juara WSBK Mandalika 2022 Toprak Razgatzioglu  (tengah), serta Alvaro Bautista [Suara.com/CNR ukirsari].

Meski demikian bukannya tanpa kendala. Ada kejadian ban mesti diganti.

“Dan tidak cukup hanya urusan penggantian ban untuk melawan Toprak (Razgatlioglu). Mesti lebih. Toprak melewati saya terus juga Alvaro (Bautista),” lanjut Jonathan Rea yang kerap disapa “Johnny” oleh sesama rider WSBK.

Ia juga menambahkan bahwa racing line di Race 2 WSBK Mandalika 2022 lebih lebar. Pertama ia ikut bertarung dalam grup, kemudian satu demi satu berkurang. Hingga ia mampu mengembangkan permainan dan sendirian di racing line.

“Sempat terjadi saya off-line. Sehingga mencoba mengejar salah satu yang terdekat,” tukas lelaki dengan penampilan khas goggles dijadikan bando di atas topi pet itu.

Akan tetapi, Jonathan Rea memiliki sudut pandang lebih luas di antara keseruan dan sulitnya balap yang ia lalui di seri Sirkuit Internasional Mandalika.

“Hari Minggu balapan, saya melihat begitu banyak penonton. It’s amazing. Senang ditonton banyak orang, karena itulah makna balapan, untuk berbagi keseruan bersama masyarakat,” tandasnya.

Dengan keberhasilan Alvaro Bautista meraih gelar Juara Dunia WSBK 2022 dan seri terakhir akan dipentaskan di Phillip Island, Australia, Jonathan Rea menyebutkan langsung move on menghadapi penutup musim ini.

“Kami sekeluarga, saya, istri, dan anak-anak akan berangkat semua ke Australia,” jelasnya kepada Suara.com.

Rider Standing WSBK Championship 2022

  1. ALVARO BAUTISTA 553 DUCATI
  2. TOPRAK RAZGATLIOGLU 487 YAMAHA
  3. JONATHAN REA 450 KAWASAKI
  4. MICHAEL RUBEN RINALDI 279 DUCATI
  5. ANDREA LOCATELLI 245 YAMAHA
  6. ALEX LOWES 234 KAWASAKI
  7. AXEL BASSANI 230 DUCATI
  8. SCOTT REDDING 190 BMW
  9. IKER LECUONA 189 HONDA
  10. XAVI VIERGE 154 HONDA



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *