PT TAM Perkirakan Penjualan Mobil Innova Zenix Hybrid Bakal Menarik, Karena Konsumen Pilih Produk Ramah Lingkungan

Suara.com – Para awal pekan ini, Senin (21/11/2022) PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar premiere global All-New Toyota Kijang Innova Zenix. Hadir dalam dua versi, yaitu mesin bensin dan hybrid, serta transmisi otomatis atau matik, produsen mengungkapkan optimisme akan penjualan mobil kategori Multi-Purpose Vehicle atau MPV ini.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT TAM optimis All-New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang masuk dalam kategori Hybrid Electric Vehicle atau HEV bakal mendongkrak penjualan Toyota Kijang Innova Zenix secara keseluruhan.

“Target kami minimal penjualannya sama dengan sebelumnya. Namun karena model baru ini memiliki versi hybrid, kami perkirakan bisa lebih tinggi,” jelas Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) selesai seremoni All-New Toyota Kijang Innova Zenix.

All-New Toyota Kijang Innova Zenix ditampilkan di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) [ANTARA/Fathur Rochman].

Alasannya, pada awal peluncuran konsumen lebih memilih kendaraan dengan spek tertinggi. Karena kini pada All-New Toyota Kijang Innova Zenix memiliki versi ramah lingkungan, diperkirakan akan banyak pemesanan untuk varian ini. Di mana konsumen otomotif semakin paham dengan kendaraan elektrifikasi, khususnya hybrid, yang hemat bahan bakar sekaligus mengurangi polusi udara.

“Hampir semua model Toyota yang memiliki versi hybrid mendominasi penjualan antara 60 sampai 90 persen, seperti Camry, CH-R, dan Corolla,” tandas Henry Tanoto.

Sementara model terbaru ini, All-New Toyota Kijang Innova Zenix memiliki lima tipe, terdiri dari dua varian bermesin bensin, serta tiga varian hybrid. Harga lebih tinggi untuk versi ramah lingkungan pun akan laku.

Berdasarkan data PT TAM hingga Oktober 2022, rata-rata penjualan Kijang Innova mencapai sekitar 3.000 unit per bulan.

Sehingga Henry Tanoto berharap kehadiran All-New Kijang Innova Zenix Hybrid akan membuat semakin banyak konsumen di Indonesia berkontribusi terhadap penurunan emisi, guna mendukung target Net Zero Emission Indonesia pada 2060.

Spesifikasi All-New Kijang Innova Zenix

Mesin

  • TNGA 2.01 berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine 1.987 cc 4 silinder Dual VVT:-i yang menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500 – 4.900 rpm
  • TNGA 2.01 berkode M20A-FXS pada All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.

Pelek

  • Alloy diameter 16 inci (G), 17 inci (V), dan 18 inci (Q).

Dimensi

  • panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, wheelbase-nya 2.850 mm

Interior atau Kabin

  • Panoramic retractable roof (Q dan V hybrid), captain seat with Ottoman (Q hybrid), head unit 10 inci dengan konektivitas smartphone (Q dan V hybrid), Multi Information Display (MID) 7 inci. Dual Rear Seat Entertainment 10 inci (Q dan V)

Fitur keselamatan

  • Teknologi berbasis telematika T Intouch, hingga advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 (Q hybrid). Terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB)

Warna

  • Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, Dark Steel Metallic

Harga

  • All-New Kijang Innova Zenix varian bensin mulai Rp 419 juta (tipe G) dan Rp 467 juta (tipe V) on the road.
  • All-New Kijang Innova Zenix varian hybrid dijual mulai dari Rp 458 juta (tipe G), Rp 532 juta (tipe V) dan Rp 611 juta (tipe Q) on the road.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *