Tekno  

4 Strategi Kolaburasi Telkom – Google Cloud, Hasilkan Tenaga TI Berkualtas Internasonal

Suara.com – Pada KTT B20, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Google Cloud berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem digital yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia.

Google Cloud melalui kemampuan tambahan di Android, Google Ads, dan Grow with Google, Telkom ingin berperan dalam Indonesia Digital 2024.

“Di Telkom, kami memiliki tanggung jawab membangun infrastruktur dan platform digital cerdas yang dapat diakses oleh semua masyarakat, sekaligus memfasilitasi digitalisasi di seluruh industri,” kata Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital, Telkom Indonesia.

Menurutnya, Google dipilih atas pengalamannya yang luas dalam membangun platform dan ekosistem terpercaya di seluruh dunia.

Sementara itu, menurut Megawaty Khie, Country Director, Indonesia, Google Cloud, sangat penting bagi pihaknya berinvestasi dalam membangun kemampuan digital untuk pulih lebih kuat dari dampak pandemi global.

“Bersama dengan Telkom, kami bertujuan membina talenta yang terampil dalam memanfaatkan teknologi cloud dan konektivitas untuk menciptakan solusi terbaik di kelasnya,” ucapnya dalam keterangan resminya, Rabu (16/11/2022).

Dia menambahkan, ini akan mendukung transformasi digital di setiap industri, baik itu untuk memberikan layanan publik yang berpusat pada masyarakat dan sistem kesehatan yang adil, atau mendorong inklusi keuangan dan efisiensi produksi manufaktur.

Google Cloud. [Mitchell Luo/Unsplash]

Kolaborasi tersebut mencakup empat strategi penting:

1. Mempercepat transformasi digital di seluruh industri: Google Cloud dan Telkomsigma, anak usaha Telkom untuk layanan IT Services, akan bermitra untuk mempercepat digitalisasi di sektor-sektor prioritas utama sesuai Peta Jalan Indonesia Digital 2024.

2. Menjembatani kesenjangan talenta digital nasional: Telkom dan Google Cloud akan mendirikan Cloud Center of Excellence (CCoE) yang terdiri dari ahli cloud architecture, edge computing, manajemen data, dan modernisasi aplikasi.

3. Memberdayakan startup Indonesia untuk berkembang dan berskala global: Anak perusahaan modal ventura Telkom akan bekerja sama dengan Google for Startups Cloud Program untuk membantu menghubungkan startup dengan dukungan teknis, bisnis, dan keuangan yang lebih besar.

4. Menghadirkan infrastruktur cerdas dan layanan digital berkualitas tinggi: CCoE akan mengintegrasikan infrastruktur Google Cloud yang berkelas, aman, dan ramah lingkungan, serta alat analitik dan kecerdasan buatan (AI) canggih dengan infrastruktur jaringan dan konektivitas Telkom yang luas untuk meningkatkan layanan digital berkualitas kepada konsumen lokal di area metro dan non-metro, serta segmen pasar enterprise.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *