Tekno  

5 Harta Karun Ditemukan di Makam Raja Tut

Suara.com – Makam Tutankhamun ditemukan para arkeolog di Lembah Para Raja pada 4 November 1922, ditemukan penuh dengan harta karun.

Beberapa artefak itu, seperti topeng kematiannya, dikenal luas. Tetapi yang lain, seperti manekin yang mungkin telah membantu raja muda memilih apa yang akan dikenakan, tidak banyak yang tahu.

Berikut adalah lima harta karun menarik dari makam Tutankhamun dan apa yang mereka ungkapkan tentang firaun Mesir kuno yang ikonik 100 tahun setelah penemuan jenazahnya, dilansir laman Livescience, Kamis (27/10/2022):

Topeng Kematian

Topeng kematian Tutankhamun mungkin adalah artefak paling terkenal yang ditemukan di makamnya.

Ditempatkan di wajah Tut, topeng hiasan sepanjang 21 inci (53 sentimeter) itu dibuat terutama dari emas bertatahkan batu semimulia dan pasta kaca berwarna.

Topeng kematian Raja Tut. [Mohamed El-Shahed/AFP]

Beratnya mencapai 22 pon (10 kilogram), Galal Ali Hassaan, seorang profesor emeritus di Departemen Desain Mekanik Universitas Kairo, menulis dalam makalah 2016 yang diterbitkan dalam International Journal of Advancement in Engineering & Technology.

“Mata dihasilkan dari obsidian dan kuarsa,” tulis Hassaan, mencatat bahwa topeng itu menggambarkan Tutankhamun dengan janggut panjang dan hiasan kepala dengan ular kobra dan burung nasar.

Di bagian belakang topeng kematian adalah mantra dari Kitab Orang Mati, yang ditulis dalam hieroglif.

Papan Permainan



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *