Tekno  

Baterai dan Data Ponsel Cepat Habis? Matikan Pengaturan Ini

Suara.com – Beberapa orang mengatakan menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang (background apps) meningkatkan kinerja ponsel dan menghemat data anda. Namun Apple dan tim Android Google, mengatakan tidak, background apps tidak mengambil cukup sumber daya ponsel anda untuk memengaruhi kinerjanya.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa keduanya bisa benar. Meskipun background apps mungkin tidak menggunakan sumber daya ponsel anda sendiri, ponsel Android dan iPhone akan menyegarkan aplikasi latar belakang secara berkala secara default.

Ini menggunakan baterai ponsel dan data anda. Dengan menghentikan Background App Refresh, anda dapat menghemat baterai dan data, sehingga menutup aplikasi latar belakang tidak diperlukan.

Inilah cara menghentikan background apps untuk membantu baterai bertahan lebih lama, dan menghemat data anda seperti dilansir dari CNET, Rabu (26/10/2022):

I. Hentikan Background Apps 

Jika anda memiliki iPhone, berikut cara menghentikan background apps 

1. Buka Settings (Pengaturan)

2. Ketuk General (Umum)

3. Ketuk Background App Refresh

4. Ketuk Background App Refresh lagi.

Ilustrasi charge Ponsel [Gizmochina]

Di sini anda dapat memilih untuk menonaktifkan Background App Refresh membatasi Background App untuk menyegarkan saat anda terhubung ke Wi-Fi, atau mengizinkan Background App untuk menyegarkan pada Wi-Fi & data seluler.

Anda juga dapat memilih aplikasi mana yang dapat disegarkan di latar belakang. Untuk itu, ikuti tiga langkah pertama di atas. Kemudian anda akan melihat daftar aplikasi di dekat bagian bawah halaman dan memilih yang dapat menyegarkan di Background App.

II. Hentikan Background App di Android

Jika anda memiliki perangkat Android, berikut cara menghentikan background apps :

1. Buka Settings.

2. Ketuk Network & internet (Jaringan & internet)

3. Tap Data saver (Penghemat data)

4. Toggle Use data saver on (Alihkan Gunakan penghemat data aktif.)

Penghemat data akan menghentikan Background App menggunakan data kecuali ponsel anda terhubung ke Wi-Fi. Beberapa aplikasi yang anda gunakan secara aktif mungkin tidak memuat hal-hal seperti gambar, kecuali jika anda mengetuk gambar, yang dapat mengganggu.

Anda dapat mengetuk Data tidak terbatas tepat di bawah, gunakan penghemat data, dan ini memungkinkan memilih tiga aplikasi untuk memiliki akses data tidak terbatas bahkan dengan Penghemat data aktif.

Anda juga dapat mengizinkan aplikasi tertentu untuk menggunakan data latar belakang. Begini caranya.

1. Buka Settings (Pengaturan)

2. Ketuk Network & internet (Jaringan & internet)

3. Ketuk Jaringan seluler (Mobile network)

4. Ketuk App data usage (Penggunaan data aplikasi)

5. Ketuk aplikasi yang Anda inginkan.

6. Aktifkan Background data (Data latar belakang)

Sekarang anda dapat memutuskan aplikasi apa yang disegarkan di latar belakang, yang berpotensi menghemat baterai dan data.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *