Tekno  

Cara Menggunakan Google Lens, Aplikasi Ajaib yang Harus Dicoba

Suara.com – Berikut ini adalah cara menggunakan Google Lens, aplikasi ajaib tapi jarang digunakan karena tidak terlalu populer.

Ya, bukan rahasia lagi jika ponsel Android  memiliki kekuatan super yang tidak banyak diketahui. Salah satunya adalah Google Lens.

Google Lens adalah sekumpulan kemampuan komputasi berbasis kamera yang bisa memahami apa yang anda lihat dan menggunakan informasi tersebut untuk menyalin atau menerjemahkan teks.

Google Lens ini bisa mengidentifikasi tumbuhan dan hewan, menjelajahi lokasi atau menu, menemukan produk, menemukan gambar yang serupa secara visual, dan mengambil tindakan bermanfaat lainnya.

Pada intinya, Google Lens merupakan mesin pencari untuk dunia nyata. Ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi teks dan objek baik di dalam gambar maupun dalam tampilan langsung dari kamera ponsel anda.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara menggunakan Google Lens, berikut Suara.com telah merangkum informasi yang mungkin anda butuhkan.

Meski demikian sebelum menggunakan aplikasi ini, tentu saja langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi Google Lens di ponsel.

Setelah berhasil mendownload, inilah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang fitur-fitur yang ada di Google Lens.

1. Menyalin teks dari dunia nyata

Salah satu fitur keren yang ada di aplikasi Google Lens adalah menyalin teks dari dunia nyata. Ya, anda dapat memanfaatkan fitur yang satu ini untuk menyalin teks dari dunia nyata.

Misalnya saja ketika diminta meringkas sebuah buku, maka anda bisa mengambil yang penting-penting saja untuk kemudian dirangkum menjadi satu.

Untuk melakukannya, anda cukup buka aplikasi Google Lens dan ketuk area “Cari dengan kamera Anda” di bagian atas layar. 

Arahkan kamera ke teks apa pun di sekitar anda, lalu ketuk layar ke area mana pun di jendela bidik. Dengan demikian, Google Lens akan langsung menyalin kata-kata di tempat yang anda bidik tadi.

2. Mendengar teks dari dunia nyata dibacakan dengan lantang

Jika anda ingin membaca sebuah kalimat namun tak ingin membuka mulut, maka bisa mengandalkan Google Lens ini.

Caranya juga sama, hanya perlu mengarahkan ponsel anda ke kertas atau objek apapun yang ada tulisannya. Setelah itu, ketuk opsi “Teks”. Setelah kamera membidik teks tertentu, langkah yang kamu lakukan adalah klik tanda “Dengarkan”.

Dengan begitu, Google Lens akan dengan senang hati membacakan teks di objek tersebut dengan lantang.

3. Cari visual yang serupa

Ini cocok banget untuk anda yang ingin membeli sesuatu tapi tanpa tahu nama benda tersebut.

Caranya anda langsung membidik benda yang diinginkan kemudian Google Lens akan menampilkan beberapa benda serupa yang bisa beli di internet.

Dengan begitu, anda bisa membeli barang yang disukai meski tidak mengetahui namanya. Keren kan? [Damai Lestari]



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *