Tekno  

Enam Sektor Berpotensi Besar Dorong Transformasi Digital

Suara.com – Transformasi digital menjadi salah satu tujuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Salah satu upaya Direktorat Ekonomi Digital Kominfo adalah menginisiasi beberapa program akselerasi transformasi digital di beberapa sektor strategis.

Mulai dari sektor pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata untuk mengoptimalkan potensi pada keenam sektor tersebut.

“Dalam upaya menjalankan transformasi digital ini, kami tidak dapat bergerak sendiri. Kami akan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Direktur Ekonomi Digital bersama Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global, I Nyoman Adhiarna M dalam Insight Sharing Session.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan mendorong pengembangan ekosistem digital diantaranya para pelaku start-up digital yang dapat mendukung pengembangan sektor strategis.

Semua itu dilakukan melalui sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah di tingkat Provinsi / Kabupaten / Kota dan pihak-pihak lainnya dalam melakukan proses transformasi digital.

Shirley Santoso, Managing Partner dan Presiden Direktur, Kearney Indonesia. [Kemenkominfo]

“Diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan perekonomian Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resminya, Minggu (30/10/2022).

Sementara itu, Shirley Santoso, Managing Partner dan Presiden Direktur, Kearney Indonesia menambahkan bahwa transformasi digital yang inklusif adalah komponen penting untuk mencapai Visi Indonesia 2045.

“Melalui diskusi dan kolaborasi yang erat dengan stakeholders, strategi dan solusi digital yang tepat dapat dirumuskan untuk meningkatkan penggunaan teknologi di sektor strategis, meningkatkan akses dan kualitas layanan, meningkatkan efisiensi sektor dan mengembangkan ekosistem digital sektor-sektor prioritas,” tutupnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *