Tekno  

Game MOBA Indonesia, Lokapala Siap Rambah Asia Tenggara

Suara.com – Game multiplayer online battle arena (MOBA) buatan Indonesia, Lokapala mengumumkan bakal ekspansi ke kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan usai mereka sukses dipertandingkan sebagai game lokal di turnamen Piala Presiden Esports 2022.

CEO Anantarupa Studios, Ivan Chen, menerangkan kalau Piala Presiden Esports 2022 menjadi contoh nyata bagi pemerintah Indonesia dalam mendukung sosialisasi gerakan Bangga Buatan Indonesia dan program Penggunaan Produk Dalam Negeri, khususnya untuk industri game dan esports nasional.

“Untuk mendukung hal tersebut, Anantarupa Studios berencana untuk rilis Lokapala di kawasan Asia Tenggara, dan tahap Close Beta diperkirakan akan dimulai di akhir Desember 2022,” kata Ivan dalam keterangan resminya, Kamis (17/11/2022).

Selain ekspansi, Lokapala juga akan menghadirkan mode dan fitur-fitur baru antara lain Battle Pass dan inter-regional matchmaking, yang memungkinan para Ksatriya untuk bertanding dengan Ksatriya lain yang berlokasi di negara yang berbeda.

“Tentunya hal ini akan menyokong Lokapala untuk bersaing di ekosistem esports global,” sambung dia.

Di Piala Presiden Esports 2022, Anantarupa Studios juga meluncurkan Lokapala Codex untuk kalangan terbatas. Lokapala Codex berisi rangkuman riset-riset dari berbagai manuskrip, prasasti, dan artefak sebagai bukti-bukti kepemimpinan Nusantara dari abad ke-6, tepatnya pada era Sriwijaya hingga Majapahit.

Dalam Lokapala Codex dipaparkan bahwa sejak di jaman kerajaan kuno, Indonesia sudah memiliki konsep kepemimpinan yang disebut sebagai Lokapala-Cakravartin. Di dalamnya terkandung delapan nilai kepemimpinan yang juga dikenal sebagai Asta Brata.

Dipercaya nilai-nilai inilah yang mampu membuat Nusantara memiliki kekuatan politik, ekonomi, dan budaya yang berpengaruh hingga Asia Pasifik di zaman itu.

Delapan nilai kepemimpinan ini berusia 1100 tahun lebih awal dari tujuh nilai Bushido yang digunakan Jepang untuk “revolusi mental” dan membangkitkan nasionalisme generasi mudanya. Ini yang menjadi alasan bagi Anantarupa Studios dalam mengangkat nilai-nilai luhur ini ke dalam Delapan Nilai Keksatriyaan dalam setiap karakter Ksatriya Lokapala.

“Dengan begitu, diharapkan pada tahun 2045, tepat 100 tahun usia kemerdekaan Indonesia, Indonesia mempunyai generasi pemimpin yang mampu membawa Indonesia kembali memimpin dunia,” ujar dia.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *