Tekno  

Merasa Ditipu di TikTok? Cepat Lakukan Hal Ini

Suara.com – Pengguna TikTok mungkin pernah mendapat pesan penipuan atau phising. Jika pengguna merasa ditipu di TikTok melalui cara seperti itu, pengguna dapat melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

Pesan penipuan atau disebut juga phising adalah metode umum yang digunakan penyerang untuk menipu orang lain agar menyerahkan informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, jaminan sosial, atau data sensitif lainnya.

Pesan penipuan dapat melalui email, SMS, pesan dalam aplikasi, atau aplikasi olahpesanan.

TikTok sendiri tidak akan pernah menghubungi pengguna untuk menanyakan detail akun atau kualifikasi verifikasi. Namun, penting untuk diingat bahwa scammer mungkin mencoba menipu pengguna untuk membagikan informasi pribadi pengguna, biasanya melalui email atau melalui pesan dalam aplikasi.

Berikut ini yang harus dilakukan jika pengguna merasa telah menerima pesan penipuan:

  • Jika pengguna menerima email atau pesan yang terlihat aneh atau menanyakan informasi akun, jangan dibuka dan segera laporkan kepada TikTok. Pesan resmi apa pun dari TikTok tidak akan menanyakan detail akun, seperti kata sandi.
  • Jika pengguna menemukan video di TikTok yang kemungkinan spam atau phishing, harap laporkan TikTok.
  • Jangan membuka tautan yang mencurigakan. Selalu verifikasi tautan apa pun yang dikirimkan kepada pengguna melalui email atau pesan pribadi sebelum membukanya.
  • Jangan pernah mempercayai situs web pihak ketiga mana pun yang menjanjikan untuk memberi pengguna suka, penggemar, mahkota, Koin, atau insentif lainnya secara gratis karena mereka dapat mengambil info login pengguna.
Ilustrasi TikTok (pexels.com/cottonbro)

Pengguna TikTok disarankan untuk segera melapor ke TikTok jika merasa menerima pesan penipuan. Pengguna juga harus tanggap dan cepat lakukan hal-hal di atas.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *