Tekno  

PBESI: Perkembangan Esports di Indonesia dan Global Sangat Positif

Suara.com – Kepala Bidang Hukum dan Legalitas sekaligus juru bicara Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Yudistira Adipratama mengungkapkan kalau perkembangan esports di Indonesia maupun global sangat positif.

Menurutnya, saat ini terdapat 465 juta penonton esports di seluruh dunia, naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya. Sementara jumlah pemain game tercatat mencapai 3,24 miliar.

“Indonesia sendiri memiliki lebih dari 53 juta pemain game dan terus bertambah,” kata Yudistira dalam keterangan resminya, Minggu (13/11/2022).

Antusiasme tersebut bakal digambarkan sepenuhnya melalui gelaran Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championships 2022 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 30 November sampai 12 Desember 2022 mendatang.

Gelaran ini, tutur Yudistira, sekaligus merupakan sinyal dari meningkatnya kesadaran seluruh pemangku kepentingan akan potensi esports untuk mendongkrak perekonomian digital.

Ia menjelaskan, pesatnya pertumbuhan esports tentunya tidak bisa dipisahkan dari dukungan pemerintah Indonesia terhadap ekosistem gim dan esports Tanah Air.

Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championships 2022. [PBESI]

Hal itu dilakukan lewat pengakuan terhadap esports sebagai cabang olahraga yang kompetitif dalam salah satu poin pembahasan di Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Regulasi ini juga memperkuat peran PBESI sebagai induk organisasi cabang olahraga, yang menciptakan kepastian hukum yang dibutuhkan oleh para pelaku industri esports,” jelas Yudistira.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *