Tekno  

Ternyata Mudah! Simak Cara Cek IMEI iPhone dan Android

Suara.com – Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apa sebetulnya fungsi IMEI? IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah deretan nomor identitas resmi dari sebuah handphone. Nomor IMEI tersebut berisikan berbagai informasi dari ponsel seperti asalnya dibuat, model ponsel, nomor seri dari ponsel tersebut, dan informasi penting lainnya.

Bagaimana cara cek IMEI iPhone dan Android yang mudah dan praktis? 

Cara cek IMEI iPhone dan Android selengkapnya bisa disimak melalui ulasan di bawah ini. Simak baik-baik! 

Cara Cek IMEI iPhone

Pada iPhone, IMEI berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat tersebut dengan mudah. Para pengguna iPhone bisa menemukan IMEI di menu Pengaturan, di dalam SIM Tray, di Finder atau iTunes, dan pada box kemasan. Bagi Anda pengguna ponsel yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc ini, jangan lupa untuk mengecek IMEI pada perangkat tersebut dengan cara berikut ini:

1. Cek IMEI di Pengaturan

– Pertama, buka menu Pengaturan pada iPhone kamu

– Lalu silakan pilih opsi menu Umum

– Kemudian, silakan ketuk opsi Mengenai

– Maka Anda akan menemukan nomor IMEI dari iPhone tersebut. 

2. Cek IMEI di SIM Tray

– Pertama, silakan buka slot kartu SIM pada iPhone. 

– Lalu silakan keluarkan kartu SIM-nya

– Setelah itu, nomor IMEI bisa Anda temukan pada sisi SIM Card Tray. 

3. Cek IMEI di Finder atau iTunes

– Silakan sambungkan iPhone Anda ke komputer. 

– Kemudian Anda perlu membuka Finder atau iTunes. 

– Apabila Anda menggunakan Finder maka tinggal buka tab Umum. Sedangkan di iTunes Anda perlu klik tab Ringkasan untuk melihat informasi IMEI. 

– Setelah itu, silakan klik nomor telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI. 

4. Cek IMEI di Apple ID

– Anda bisa membuka situs appleid.apple.com pada browser. 

– Lalu silakan masuk dengan Apple ID yang digunakan di iPhone. 

– Selanjutnya klik Log in dan pilih opsi Perangkat. 

– Maka, nomor seri dan IMEI dari iPhone akan langsung muncul. 

5. Cek IMEI di box kemasan

Di bagian belakang box, biasanya akan terdapat beberapa barcode termasuk nomor IMEI dari iPhone tersebut. 

Cara Cek IMEI Android

Sementara itu, untuk mengetahui apakah ponsel handphone (HP) Android Anda legal atau tidak, Anda pun dapat mengecek nomor IMEI melalui beberapa langkah mudah. Cara cek IMEI Android adalah sebagai berikut:

1. Cara cek IMEI lewat *#06#

Para pengguna ponsel dapat mengecek IMEI dengan mengetik *#06# pada tombol keyboard ponsel seperti saat ingin menelepon. Maka secara otomatis, informasi mengenai nomor IMEI ponsel pengguna akan muncul di layar dan menampilkan nomor IMEI sebanyak 15 digit di atas barcode dan SN (Serial Number).

2. Cara cek IMEI lewat menu Pengaturan ponsel

Sebagian besar smartphone saat ini juga sudah mencantumkan nomor IMEI di dalam pengaturannya. Untuk mengeceknya, Anda bisa membuka Pengaturan > lalu pilih menu Tentang Ponsel. Pada beberapa merek ponsel lain, para penggunanya harus mengakses ke menu Sistem > Tentang Ponsel. Setelahnya pilih opsi Status untuk melihat Status Kartu SIM, Informasi IMEI, Alamat IP, dan juga Nomor Serial ponsel.

3. Cara cek IMEI di situs web Kemenperin

Setelah Anda mendapatkan 15 digit nomor IMEI, maka dapat mengakses situs web Kemenperin dengan alamat lalu masukkan 15 digit nomor IMEI yang telah didapatkan ke dalam kotak yang telah tersedia. Jika smartphone Anda legal, maka akan muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Dan sebaliknya, jika smartphone ilegal maka keterangan yang muncul akan berbunyi, “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”.

Nah, sekarang Anda tentu sudah tidak bingung lagi mengenai fungsi IMEI, serta bagaimana cara cek IMEI iPhone dan Android. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *